Kamis, 03 November 2011

Pendidikan Remaja Sebaya

pendidikan remaja sebaya atau yang lebih dikenal dalam Palang Merah Indonesia (PMI) dengan istilah PRS adalah sebuah upaya pendidikan antar sesama teman yang bisa kita lakukan dimana saja kita berada. pendidikan remaja sebaya (PRS) dinilai sebagai upaya penyampaian ilmu dan informasi yang dimiliki oleh salah seorang dari kita yang memiliki ilmu yang lebih daripada yang lain dalam bidang kepalangmerahan atau yang lain untuk di bagikan kepada teman sebaya yang lain dengan tujuan memberikan informasi yang kita punya agar dalam ruang lingkup pertemanan sebaya kita memiliki ilmu pengetahuan yang sama tentang kepalangmerahan.

yang maksud dari remaja sebaya adalah teman-teman di sekitar kita yang memiliki kesamaan dalam bidang pendidikan atau pertemanan seperti kesamaan kelas, sekolah, tempat tinggal, tempat bermain atau yang lainnya. metode Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) dinilai lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada orang lain karena yang menyampaikan informasi tersebut adalah teman kita sendiri yang tidak harus membuat kita merasa sungkan atau malu-malu dalam menerima ilmu darinya. informasi itu akan berpindah kepada teman kita dengan mudah dengan penyampaian yang biasa, tanpa menggunakan metode atau cara khusus dalam menyampaikan informasi itu.

kita dapat melakukan pendidikan remaja sebaya kapan saja dan dimana saja. kita dapat melakukannya saat jam istirahat sekolah/ kuliah, saat berkunjung kerumah teman, berbincang-bincang, saat menunggu giliran praktek komputer di kemkominfo, saat dalam perjalanan menuju ke tuasan, atau kapanpun kita berada bersama teman kita. kita juga bisa melakukannya di sekolah, dikelas, di kampus atau saat mengerjakan tugas komputer di kemkominfo.

Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) dianggap perlu dalam penyampaian ilmu kepalangmerahan seperti kebersihan, kesehatan, pertolongan pertama, reproduksi atau yang lain dalam kepalangmerahan. penyampaian informasi oleh orang tua atau guru yang selama ini dilakukan dianggap kurang efektif karena remaja yang kita lihat di sekitar kita tampaknya kurang dalam ilmu-ilmu kepalangmerahan itu. PRS tidak hangya dilakukan dan ditujukan oleh dan kepada anggota Palang Merah Indonesia (PMI) tapi juga oleh semua orang. ayo lakukan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) ini sekarang juga.

wallahu a'lam..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar