Sabtu, 29 Oktober 2011

bertingkah buruk itu perlu* dalam menuntut ilmu

eitz...
jangan salah sangka dulu, maksud dari penulis tidaklah seperti yang anda pikirkan (jika anda suuzon/ negative thinking). memang, dalam menuntut ilmu itu kita harus mengamalkan dan menjalankan beberapa prilaku buruk seperti malas, perhitungan, tdak perduli, ego, atau prilaku buruk lainnya. bahkan sifat dari iblis pun perlu kita amalkan.

masih g'percaya, kita bahas dlu,,..
seperti contohnya sifat malas. kita bisa menjadikan malas sebagai motivasi bagi kita agar mendapatkan prestasi yang baik dalam pendidikan kita. maksud malas disini adalah malas untuk mengulangi pelajaran di tingkat yang sama dua kali (tinggal kelas/ perbaikan nilai) karena kita bisa memperdalam ilmu kita tentang bidang itu kapan saja. juga malas untuk membayar mahal (yang ke sekian kalinya) karena kita harus memperlama waktu kita di sekolah atau Perguruan Tinggi. jadikan malas itu menjadi motivasi agar menyelesaikan suatu mata pelajaran/ mata kuliah hanya dengan satu periode dengan nilai yang baik.

perhitungan juga bisa menjadi motivasi belajar, karena dengan perhitungan kita menjadi lebih cepat dan lebih baik dalam menyelesikan pendidikan. bisa perhitungan masalah materi, waktu, tenaga yang jika dipkir-pikir akan sangat mubazir jika kita menyia-nyiakannya. terbitkan saja dalam pikiran anda "udah bayar mahal-mahal koq, masa' aku main-main pas lagi belajar".

ego bisa saja menjadi visi kita dalam hidup, contoh ego yang baik: "pokoknya aku harus jadi guru" (atau profesi lain), "nanti kalau udah besar saya harus lebih hebat dari ayah" atau "dimasa tua nanti aku g'mau ada masalah, maunya hidup tenang menikmati masa tua" atau terserah anda apa ego (baca: motivasi) anda, motivasi yang membuat kita jadi lebih baik dalam menjalani pendidikan.
jadi, jangan sungkan-sungkan untuk mengeluarkan ke-egoisan untuk diri anda (ego yang baik = motivasi)

tidak ketinggalan, ada satu sifat iblis yang bisa kita contoh yaitu "pantang menyerah", iblis tidak akan menyerah untuk menggoda manusia sejak manusia pertama hingga manusia terakhir nantinya. satu sifat dari iblis yang bisa kita (manusia) contoh untuk mengambil kebaikan darinya.

selanjutnya, untuk prilaku-prilaku buruk lain bisa anda kembangkan menjadi motivasi bersama.

wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar